Saturday, April 28, 2007

Fenomena



Peta Jalan H. Agus Salim
Hehe.. ini bukan Fenomena alam, tapi Fenomena tempat psikotes. Jadi beberapa hari kemarin gw ikut psikotes di Fenomena. Lembaga ini didukung Psikologi UI lhow.. jadi waktu kemarin di wawancara, jadi ditanya2 tentang dosen gw juga. halaa... =)
waktu gw dikasi tau letak Fenomena yang dibelakang Sarinah dan BII, gw ga langsung yakin tar bakal ketemu langsung tuh tempat. Jadi gw cari di internet, ternyata ada orang yang post juga, katanya sampe muter jl. h. agus salim 3 kali untuk nemuin Fenomena itu. Jadi, gw harap post ini bisa ngebantu yang pada mau ke sana yah. Soalnya kata temen gw, banyak psikotes untuk calon karyawan di sana. Dan waktu gw tes, emang bener lumayan banyak sih. hari itu, sampe 20 atau 30 orang. Petunjuk bangunannya kecil, cuma plank kecil dengan tulisan "Fenomena". Jadi untuk yang ga sempet explore hari sebelumnya, yah daripada nyasar buang2 waktu, ga mau kan..?? =P gw kasi tanda bangunannya ama bintang merah. Kalo di peta, ada Jl. Biliton yah.. itu Jl. Lombok. gw uda liat sendiri waktu ke sana.
oke, untuk yang pejalan kaki, patokannya.. lo mesti sampe ke Sarinah dulu. Setelah lo sampe di depan bangunan sarinah, dan lo sedang menghadap jalan raya, lo jalan ke kiri, sampe ada Jl. Sunda. Lo jalan masuk.. sampe ketemu perempatan yang ada Gereja Theresia di seberang lo. Terus jalan ke kanan sampe ketemu perempatan lagi. Jalan di depan lo sekarang itu Jl. Lombok. Ya uda.. di seberang lo ada gedung Fenomena tuh :)
Untuk yang naik kendaraan pribadi, patokannya.. lo ada di Jl. Thamrin, di mana gedung Sarinah di sebelah kiri lo. Lo masuk jalan setelah Jl.Sunda, deket Plaza Permata di peta. Lo masuk Jl. Irian. Terus belok kiri ke Jl. H. Agus Salim. Begitu lo ketemu perempatan, ya uda.. di sebelah kiri lo ada gedung Fenomena tuh :) kenapa dari jl. Irian, karena kalo lo dari jl. Sunda, ya uda lo mesti keluar ke Jl. Thamrin lagi.. muter lagi, dan lagi. Soalnya Jl. H. Agus Salim satu arah ke arah utara di peta.
Sukses untuk psikotesnya yah.. semoga membantu..

@ Mas Hari : huehehe.. kasiyan juga mesti bolos hari sebelumnya untuk explore, terus bolos lagi pas hari-H nya.. saya kira tadinya Mas itu pengujinya.. sukses Mas!
@ Tatin : Sori waktu itu mesti pulang duluan.. sukses yah.. ke Bank Mandiri-nya..
@ Citra : tadinya gw sempet segen berbincang dengan lo.. hehe. Sukses yah!
@ 3 of ya : moga ketemu lagi yah.. sukses buat kalian.. ☺

14 comments:

Anonymous said...

cuma sekedar advise

klo ga mw repot2 nyari jalannya,patokkannya st. cikini aj trus naek ojeg deh bilang aja jl. agus salim fenomena no 78..dicariin pasti :)) tinggal bayar slesai kan.

Anonymous said...

thx buat infony...
minggu depan ad gw jg ad tes disitu, bisa sharing ga tesny brp lama...? kira2 bahanny ap...;p

.thq yak...

oren said...

oh bisa.. tesnya waktu jaman gw, dari jam 9 pagi ampe jam 3 siang baru selesai. ada konsumsi makan siangnya.. nasi kotak gitu.. jadi jangan takut kelaperan :)
ini maap2 yah kalo gw agak2 lupa.. :p urutan tes2nya juga lupa.. soalnya hampir 2 tahun yang lalu.. pagi itu gw ngisi profile sambil satu persatu dari kita dipanggil untuk tes semacam logika. Disitu kita dikasi beberapa gambar dan beberapa balok kecil. Lalu kita susun balok itu serupa dengan gambar yang dikasi.. psikolognya ngitung berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk nyusun balok itu. makin cepet makin bagus.. tapi it'd better ade lo jgn panik, karena makin panik malahan makin lama.. santai dan konsen aja.. walau tangan gw juga waktu itu uda keringet dingin. hehehe
terus masih di tes perorangan itu, kita dikasi beberapa gambar dan disuruh urutin sehingga jadi cerita.. kita ga akan dikasi tau hasil benernya gimana.. tapi cuma dinilai bagaimana kita mengerti gambaran cerita itu.
setelah itu.. ada semacam psikotes biasa yang dilakukan bersama-sama.. soal-soal di kertas.. yang ada gambar kotak segitiga dan lingkaran itu lho.. lalu diurutin..
lalu ada tes gambar juga.. melanjutkan gambar dari potongan kecil gambar.. dan selanjutnya disuruh gambar orang.. ini sih cuma gambaran target ke depan lo bagaimana..
lalu ada tes berhitung.. yang ada deretan angka, lalu kita jumlahkan ke atas terus saja dalam waktu 10 detik, lalu berganti baris deret angka.. mulai lagi dari bawah ke atas.. bawah ke atas.. dst. ini usahakan jangan latah dan gampang kaget yah.. soalnya tiap 10 detik, psikolognya membunyikan sesuatu, entah mukul meja atau bagaimana. gw orangnya kagetan, jadi agak kocak.. tiap 10 detik gw latah gitu.. :p tapi alhamdullillah lancar.. jangan maksa harus 1 baris selesai dari bawah sampe pojok atas.. usahain aja cepet dan konsen, tanggap!
lalu kalo ade lo masuk yang agak teknis, ada tesnya.. agak fisika gitu, tapi gampang kok, asal konsen juga bisa.. kaya katrol2 gitu muncul..
kayanya itu semua tesnya.. kalo lo liat buku2 psikotes di toko buku, sekilas aja, nah itu hampir sama.. cukup tau aja maksud tesnya tuh apa.. misal mengetahui cara pikir lo.. logika lo.. jangan terlalu fokus hasilnya harus sama dengan yang di buku-buku itu.. nanti jadi kehilangan jati diri :p
kalo ada yang mau ditanyain detil lagi (yang mungkin gw lupa sebut di sini), email aja yah :)
oya, jangan lupa istirahat cukup dan sarapan! itu penting.. daripada ade lo baca buku psikotes. gw dulu ga baca buku-buku itu malah, jadi bener2 first time. tapi lolos2 aja.. gunanya.. biar ade lo bisa konsen waktu tesnya.. temen gw ga istirahat cukup, psikotesnya gagal, padahal pinter banget orangnya..
so.. good luck for your sis!

Felicia said...

wah mau tanya2 donk :) ini g dikasih tau gedung fenomenanya di jalan panglima polim ini sama ya? duh dari ceritanya serem juga ya tes psikotes itu hehehehehe klo kecapean dan tegang gawat2...anyway thanks ya buat infonya :D

oren said...

setau saya, panglima polim deket blok m bukan..?! jadi pastinya jauh dengan fenomena yg di sarinah. sukses yah! :)

Ms. Sasaki said...

ah iya hehehe kemarin uda nyari uda ketemu tempatnya :)thank you ya :D susah banget ga sih? g juga ga belajara apa2 neh wkwkwkwk hajar aja dah!

Miss Saori said...

felicia, aq jg dapet yg di panglima polim nih. Bisa minta infonya gak di sebelah mananya blok M ya?

Unknown said...

hai guys.. saya mau tanya klo kalian ikut psikotest d fenomena dalam rangka melamar d perusahaan apa ya..
saya juga ada rencana untuk psikotest di sana.. terima kasih dan semoga sukses semuanya.. klo ada yang tau dr Bandung sebaiknya pake bis jurusan apa ya.. thanks

oren said...

kido, saya yg dibidang finance. waktu itu ada jg yg dari perusahaan bank, dll..
kalau dari bandung, naik kereta parahyangan express aja. yg turun di gambir. soalnya gambir deket sama sarinah (naik bajaj sekitar Rp. 15.000). dan fenomena deket sama sarinah..
kalau pake bus, umm.. tergantung mau turun di terminal apa nih.. terminal bus yg agak deket sarinah itu kayanya terminal tanah abang.
semoga sukses..

Unknown said...

Hasil tesnya keluar berapa lama sih kirakira biasanya. Gue uda seminggu belum dikabarin lagi

Unknown said...

Hasil tesnya keluar sekitar berapa hari ya?

oren said...
This comment has been removed by the author.
oren said...

waktu itu, yang terima hasilnya yaitu kantornya langsung.. jadi pemberitahuannya bergantung sama kantornya, proses saya dilanjutkan atau tidak. Alhamdullillah lanjut..
hasilnya juga dirahasiakan sama kantor.

Unknown said...

Ada yang tau gak jam buka psikotest fenomena? Maksudnya si pengen ganti jadwal psikotest nya jafi hari sabtu