Monday, July 03, 2006

Biar hemat!!

Everytime you go away..
You take a piece of me with you..

Everytime You Go Away - Paul Young


gw suka dengerin lagu ini, jadi inget Anthony Fedorov di American Idol. sayang harus dieliminasi.. :(
okeh, back to the topic, hmm.. gw gatau berhasil atau ga.. tapi selama ini, ada cara yang gw terapin ke diri sendiri biar bisa hemat, dan ini berhasil untuk gw.
pertama, gw jatah tiap hari pengeluaran gw berapa.. misalnya gw keluar Rp. 8,500 untuk satu hari. Dari mana? 12,000 x 5 / 7 = app 8,500 kan?! :D Dikali 5/7 karena hari-hari pengeluaran terbesar, yaa.. senin - jumat. biar gampang ngitungnya, jadiin per hari dalam satu minggu. yaa berhubung masih belum kerja tetap, jadi pengeluaran sabtu minggu masih dari duit orang tua.. lagipula jarang banget melakukan pengeluaran sabtu minggu..
kedua, gw kasih jatah ke diri sendiri sekitar 3 bulan, misal 8,500 x 90 hari = 765,000. Itu sebagai pegangan, entah dalam bentuk tabungan atau uang nyata. Nanti, kalau lagi ada waktu senggang atau uang mulai terasa menipis, misal baru sekitar 2,5 bulan, gw hitung 8,500 * 75 hari = 637,500. Sisa uang setelah 75 hari seharusnya 127,500. Kalau ternyata uang di tangan gw sisanya 180,000, berarti gw sudah berhemat 52,500.. bisa ditabung, hehe.. suatu prestasi!! Kalau ternyata di tangan gw 100,000, gw anggap gw berhutang sama diri sendiri sebanyak 27,500.. dan ini harus gw bayar.
Cara bayarnya gimana? dengan lebih mengendalikan diri lagi dalam pengeluaran. Misalkan untuk bulan mendatang, gw bisa berhemat 28,000, yaa berarti hutang 27,500 itu terbayar. sebuah prestasi lagi.. bisa bertanggung jawab sama keborosan diri sendiri.. dan sisa 500 bisa ditabung, prestasi lagi kan?
Tapi untuk beli buku atau kebutuhan belajar yang tak terelakkan, gw pake simpanan yang terpisah dari budget itu. Karena itu di luar prediksi gw..
Kalau lagi mau hedon, yaa.. gw pikir2 itu sebagai hutang ke diri sendiri, kalau bisa terbayar nanti atau ada budget untuk menggantinya, boleh lha.. sekali-kali. hehe..
Dengan dihitung gitu, kita bakal ngerasa risau banget kalau pengeluaran berlebihan dan ngerasa bangga banget kalau bisa berhemat. Mungkin kelihatannya sepele, pengeluaran 50,000 atau 20,000.. ya kecek lha ya.. tapi kalau dilihat, itu bukan uang kita, tapi masih ortu punya, hmm.. kalau ga mau dianggap anak kecil ama ortu yang cuma bisa bergantung sama beliau, yaa setidaknya kita bisa pake dengan lebih bijak atau lebih bagus lagi bisa mendapat penghasilan sendiri. Kita bisa bilang dengan PD-nya, kalau kita bukan anak kecil yang cuma bisa ditatah orang tua, tapi bisa berdiri sendiri. Suatu saat ortu butuh banget, siapa tau kita bisa ngebantu, hebat kan?! Lagipula sepertinya beliau akan lebih senang kalau kita pake uangnya dengan bijak. Walau gw belum punya anak, tapi gw bisa rasa lha.. hehe.. good luck! ☺

No comments: