Monday, July 31, 2006

Pertanyaan lulus

Pertanyaan:
Nilam, mau lulus 3,5 atau 4 tahun?

Waktu itu gw da pernah post masalah dilema ini, masih jadi pikiran gw sampe sekarang. gw tanya ke diri gw sendiri:
apa alasan yg menahan gw untuk menunda lulus?

kalau kaya senior gw yang baik dan pinter itu, hehe.. untuk tetap mengurus POSA, bersedia lulus 4 tahun di mana dia bisa aja lulus 3,5 tahun, wah.. dedicated sekali..
Nah gw? itu masih jadi pemikiran gw.

Kadang gw denger keluhan:
aa.. ngapain si lulus cepet-cepet? bareng-bareng aja..
ehmm.. hehe.. waktu itu gw ga me-respond. tapi saya rasa kalau anda punya peluang untuk lulus lebih cepat, anda ga mungkin mengeluh seperti itu.

sekarang kita balik keadaannya..
andai saya mengikuti saran anda dan saya sedang apes, ternyata yang seharusnya 4 tahun, jadi 4,5 tahun. (amit-amit, amit-amit!!)
sekarang yang berpeluang lulus lebih cepat itu anda, yaitu 4 tahun, tinggal tunggu wisuda. kalau mau 4,5 tahun, anda bisa saja mencuci nilai2 anda biar lebih bagus.

sekarang saya mengatakan hal yang sama:
aa.. ngapain si lulus cepet-cepet? bareng-bareng aja..
saya yakin 0,001 % kemungkinan anda akan mengikuti saran saya.
dann.. hmm.. mungkin dalam hati anda ada rasa ingin bilang:
"pale lo!! sekate-kate.. gw bisa dipecat dari jabatan anak sama orang tua gw.." atau, "idih! males banget, orang gw tinggal nunggu wisuda.."

jangan bilang 3,5 dan 4 dengan 4 dan 4,5 beda masalah. Intinya sama.
bedanya hanya untuk masalah 4 dan 4,5, lebih sedikit ada kemungkinan jawaban untuk pertanyaan: apa alasan yg menahan gw untuk menunda lulus?.

gw ga menyalahkan keluhan itu.. tapi akan lebih baik jika ada alasan yg lebih bermakna dibanding hanya emosi sesaat.
kita coba tempatkan diri di posisi orang lain, dan saat kita bisa menjawab pertanyaan untuk diri kita sendiri, mungkin jawaban itu yang bisa dikatakan ke orang yg bersangkutan untuk membantu orang itu menjawab pertanyaannya ke dirinya sendiri. yuuu' ☺

No comments: