Saturday, July 01, 2006

Indahnya Bencana Alam

Sebenernya, bencana alam juga ada indahnya. mungkin uda waktunya melihat senyum alih-alih air mata karena bencana yang kita hadapi. OK OK .. gw memang belum pernah merasa bencana alam, tapi setidaknya ada bencana-bencana dalam hidup kita kan? yang mungkin yaa.. masih kalah hebat dari bencana alam. Tapi ada yang bisa kita petik dari bencana-bencana itu..
Dengan bencana alam, kita bisa terlepas dari materi yang mengikat kita selama ini. berapa persen dari waktu kita yang uda terkuras karena mikirin materi yang uda atau yang belum kita punya.. dan ujung2nya jadi lupa sama hal-hal esensi yang seharusnya kita pikirin dalam hidup. seperti solidaritas, hati nurani, dsb.
Dengan bencana alam, kita dan sekitar kita ga ada bedanya.. sama-sama kehilangan. ga ada tuh yang jadi pembanding lagi, dia lebih kaya, kita lebih kaya, dia punya ini itu dan kita ga punya. hal ini buat kita melupakan iri dengki yang selama ini terlintas tanpa sadar di kepala kita.
Dengan bencana alam, kita belajar untuk saling bantu dan membuat orang lain di luar sana diuji kepeduliannya terhadap kita.
Dengan bencana alam, kita mungkin kehilangan orang-orang yang kita sayang, tapi mereka toh bukan milik kita, tapi milik-Nya. Lagipula, hal itu bisa diartikan mereka ga perlu merasakan kesulitan atau kejamnya hidup (kaya judul acara TV ☺) hmm.. walau mungkin kita ingin mereka pergi tidak dengan cara seperti itu.
Dengan bencana alam, kita bisa melihat hati seorang anak kecil dengan lebih jelas yang sering kali kita ga pernah sadari kepolosan dan kejujurannya dalam sehari-hari.
Dengan bencana alam, kita diberi kesempatan memulai hari baru dengan lebih baik terlepas dari semua hal duniawi yang sudah mengikat kita selama ini.
Dengan bencana alam, kita bisa lebih sadar bahwa jika alam bisa sekuat itu menimbulkan kerusakan, bagaimana kuatnya Yang Menciptakannya..
jadi, tersenyumlah saudaraku.. jangan menangis. karena sejujurnya mungkin ini yang terbaik yang ingin Ia beri dengan cara yang mungkin terlihat buruk atau menyedihkan untuk manusia. Tapi ada yang harus dipelajari dan jika hanya air mata yang bisa kita hasilkan, kita ga akan pernah belajar. ☺

No comments: